Setup Menus in Admin Panel

2019 E-LEARNING PENGENALAN STATISTIKA

E-Learning Pengenalan Statistika didesain untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian Keuangan mengenai statistika dasar yang mencakup pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data.

38 STUDENTS ENROLLED

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

Memenuhi kebutuhan kompetensi sesuai Hasil AKP Individu untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi di unit masing-masing.

Sasaran (Target Learners):

Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian Keuangan.

1. menjelaskan dasar-dasar statistika;

  • menerangkanĀ  pengertian data, statistik, dan statistika;
  • menjabarkan syarat-syarat data yang baik;
  • menguraikan jenis-jenis data, baik menurut sifat, sumber, cara memperoleh dan waktu pengumpulan;
  • menguraikan jenis-jenis skala (ordinal, nominal, interval, rasio);
  • menerangkan metodologi pemecahan masalah secara statistika;
  • menguraikan peranan statistika dalam perumusan rekomendasi untuk pembuatan keputusan atau kebijakan.

 

2. menerangkan pengumpulan data dan tabulasi data;

  • menjelaskan metode yang digunakan dalam pengumpulan data;
  • mendeskripsikan jenis-jenis sampling (simple random sampling, stratified sampling, multistage random sampling, cluster random sampling, dan systematic random sampling) serta cara pengambilan sampel yang tepat;
  • menerangkan alat-alat pengumpulan data;
  • menjelaskan contoh tabulasi data.

 

3. menerangkan penyajian data;

  • menerangkan bentuk-bentuk tabel (one way table, two way table, three way table) yang digunakan dalam penyajian data;
  • menjelaskan bentuk-bentuk grafik yang digunakan dalam penyajian data;
  • menjelaskan contoh penyajian data pada beberapa kasus.

 

4. menjelaskan distribusi frekuensi;

  • menerangkan arti dan manfaat distribusi frekuensi;
  • menjelaskan contoh distribusi frekuensi.

 

5. menerangkan ukuran pemusatan;

  • menjelaskan arti dan manfaat dari beberapa ukuran pemusatan;
  • menguraikan jenis-jenis ukuran pemusatan;
  • menjelaskan contoh penerapan ukuran pemusatan.

 

6. menguraikan langkah-langkah perumusan dan pengujian hipotesis;

  • menjabarkan definisi hipotesis dan jenis kesalahan (type of error);
  • menerangkan prosedur perumusan dan pengujian hipotesis.

 

7. menjelaskan Analisis Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Berganda;

  • menjelaskan pentingnya analisis hubungan;
  • menerangkan manfaat analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda;
  • mendeskripsikan pelanggaran asumsi klasik;
  • menjelaskan evaluasi terhadap model regresi;
  • menjelaskan contoh penerapan regresi linear sederhana.

 

Administrasi

  • Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan yang ditunjuk/ditugaskan oleh unit yang bersangkutan;
  • Golongan minimal II/a (Pengatur Muda);

Kompetensi

  • Pendidikan minimal Diploma I.

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi penyelenggaraan dan evaluasi pengajar untuk program e-learning yang dilakukan secara online.

EVALUASI LEVEL 2

Tes Sumatif (Non Kelulusan) dengan minimal nilai 60.

 

Course Reviews

4.3

4.3
21 ratings
  • 5 stars11
  • 4 stars7
  • 3 stars2
  • 2 stars1
  • 1 stars0
  1. 5

    materinya sangat interaktif dan mudah untuk diikuti mekipun tidak memiliki latar belakang ilmu statistika

  2. Better Recalling

    5

    Materi pelatihan memudahkan kita mengingat kembali teori dasar statistika.

  3. Sangat informatif

    5

    Modul dan slide materinya sangat informatif untuk mengenalkan ilmu statistika dan quiz nya pun sangat bermanfaat untuk me-refresh apa yg dipelajari dari materi. terima kasih

  4. Kereeen!

    5

    Ini e-learning yang pertama saya ikuti di KLC. Keren banget! Mudah digunakan dan sangat berguna. Ke depan kalau bisa diperbaiki masalah absensi, seharusnya membuka diktat sudah menjadi presensi, ga perlu absen setiap hari. Media untuk sharing, chat, dan komunikasi antara peserta dan antara peserta dan pengajar difasilitasi, sehingga suasana lebih informatif dan cair. Sukses KLC!!!

  5. Akses Aplikasi KLC - E-learning Stastitika

    2

    – Banyak Error sehingga mengganggu konsentrasi utamanya di jam-kerja – Tidak ada idle time utk otomatis logout Saran : – kurangi error – tambahkan idle time utk otomatis logout

  6. Sangat bermanfaat untuk pekerjaan

    4

    Sangat bermanfaat untuk pekerjaan dan saran perlu disediakan file contoh xls dari data statistik untuk pemahaman lebih lanjut. Terimakasih

  7. E-LEARNING PENGENALAN STATISTIKA

    5

    Materi e-learning ini menarik untuk dipelajari

  8. 5

    Materinya menambah wawasan baru

  9. bagus, tapi....

    4

    Saya baru pertama kali ini mengikuti E-Learning BPPK. Harus diakui agak rumit dalam mengikutinya, dimana harus isi presensi di website yang berbeda hingga adanya keharusan daftar ulang atau registrasi kembali. Tapi saya beri bintang lima khusus untuk ketanggapan, kesabaran, dan ketelatenan admin/pegawai yg ditugaskan dalam melayani peserta. Saya harapkan pihak penyelenggara melakukan sejumlah perbaikan serta dapat memberikan kuis yg lebih menantang hehehe….

  10. Model Pembelajaran Baru

    5

    Efektif, informatif, dan dapat dipelajari kapan saja

  11. 5

    Sebagai dasar statistika cukup informatif.

  12. what is boxplots?

    3

    Perlu penjelasan lebih lanjut terkait beberapa konsep yang ada di materi (gunanya apa dan kenapa dipakai)… contohnya boxplots

  13. Review E Learning Pengenala Statistika

    5

    Metode elearning nya cukup bagus karena tidak memerlukan tempat dan waktu yang banyak. Informasi dan Ilmu baru yang didapat dari materi juga cukup lengkap, Hanya saja harus tetap dipraktekkan dengan latihan latihan terkait statistika di aplikasi (cth:Excel). Agar semua teori dalam e learning ini bisa diaplikasikan di kehidupan kerja.

  14. Bagus

    5

    Ini adalah awalan yang baik dari e-learning milik KLC. Sudah cukup mudah presentasinya dan cukup interaktif. Harapan saya ke depan adalah, seperti online courses lainnya, lebih banyak video interaktif dan atau pengajar interaktif dari pada presentasi. Semoga bisa segera sampai sana. Terima kasih

  15. 3

    kursusnya sangat inovatif karena menggunakan e-learning, walaupun begitu ada beberapa masukan untuk perbaikan kedepan 1. sebaiknya tidak perlu absen karena ini kuliah jarak jauh, yg penting adalah peserta menjalankan kursus, membaca dan mengerjakan tes (lulus) 2. presentasi perlu diperkaya dan lebih komprehensif, beberapa terasa sangat basic, seperti penjelasan atau contoh yang kurang ditambahkan 3.mungkin perlu ditambahkan beberapa referensi yang bisa dibaca lebih jauh untuk memperkaya pengetahuan

  16. 4

    Dari sisi materi memudahkan untuk dipelajari dan interaktif, namun memang menyita waktu karena mengambil waktu pembelajaran online di sela-sela jam kerja terutama untuk unit yang sangat sibuk akan sulit mengalokasikan waktu belajarnya. kekurangannya adalah website klc.kemenkeu.go.id sering sulit untuk diakses (dibuka) sehingga semakin sulit juga untuk bisa mengalokasikan waktu belajar online nya.

  17. 4

    perlu integrasi sistem klc dan semantik sehingga absensi bisa dilakukan secara otomatis. Dalam model pembelajaran e-leraning, diharapkan dosen pengampu dapat lebih aktif. Terimakasih

  18. Kehadiran

    4

    Agar ketika peserta mengakses KLC sudah bisa sebagai absensi secara online, sehingga sudah link dengan absensi kehadiran di semantik. Pembelajaran dengan metode e-learning sangat membantu pagi pegawai yang ingin mengikuti pelatihan namun ada pekerjaan di kantor.

  19. Statistik menarik

    5

    Bahan sangat ringkas, dan mudah dipelajari,,

  20. Cukup Memfasilitasi

    4

    Pelatihan Online cukup memfasilitasi namun masih ada beberapa sistem yang membuat agak sulit seperti harus ada absensi setiap hari. Terimakasih

  21. 4

    Untuk materi dasar statistik sudah lumayan lengkap namun sebaiknya bahasa yang digunakan dalam materi yang disajikan bukan bahasa yang terlalu formal dan bukan untuk dihafal (khususnya untuk menjawab soal quiz). Selain itu perlu juga konsistensi antara bahan dari sesi trainingnya, jika 1 sesi menggunakan audio visual, maka sebaiknya semua sesi menggunakan audio visual media juga.

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget