Setup Menus in Admin Panel

2019 E-Learning Pengenalan Evaluasi Pascapembelajaran

E-Learning ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Keuangan, khususnya Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, mengenai evaluasi yang dilaksanakan setelah peserta pembelajaran kembali ke unit kerja masing-masing (Evaluasi Pascapembelajaran). Evaluasi Pascapembelajaran dilakukan untuk mengetahui penerapan hasil pembelajaran dalam pekerjaan dan dampak pembelajaran terhadap kinerja.

45 STUDENTS ENROLLED

Tujuan Program:

E-Learning ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Keuangan, khususnya Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, mengenai evaluasi yang dilaksanakan setelah peserta pembelajaran kembali ke unit kerja masing-masing (Evaluasi Pascapembelajaran). Evaluasi Pascapembelajaran dilakukan untuk mengetahui penerapan hasil pembelajaran dalam pekerjaan dan dampak pembelajaran terhadap kinerja.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

Memenuhi kebutuhan kompetensi sesuai hasil AKP Individu guna menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi di unit kerja masing-masing.

Sasaran (Target Learners):

Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan yang bertanggung jawab atau memerlukan kompetensi terkait evaluasi pascapembelajaran.

a) menjelaskan konsep dasar evaluasi pascapembelajaran;

  • menjelaskan model evaluasi Kirkpatrick
  • menjelaskan konsep evaluasi pascapembelajaran
  • menjelaskan pentingnya evaluasi pascapembelajaran pada Kemenkeu Corpu
  • menjelaskan penerapan evaluasi pascapembelajaran pada Kemenkeu Corpu

b) menjelaskan format Kerangka Acuan Kerja Evaluasi Pascapembelajaran;

  • menjelaskan penentuan tujuan evaluasi pascapembelajaran;
  • menjelaskan perumusan dan pemfokusan informasi berdasarkan tujuan evaluasi pascapembelajaran;
  • menjelaskan format KAK;
  • menjelaskan perumusan bagian-bagian dalam KAK untuk kegiatan Evaluasi Pascapembelajaran;

c) menjelaskan metode pengumpulan data evaluasi implementasi hasil;

  • menjelaskan prinsip penentuan metode pengumpulan data evaluasi pascapembelajaran;
  • menjelaskan syarat instrumen evaluasi pascapembelajaran;
  • menjelaskan konsep, kaidah, keunggulan dan tantangan instrumen kuesioner, serta penyusunannya;
  • menjelaskan konsep, kaidah, keunggulan dan tantangan instrumen metode wawancara, serta penyusunannya;
  • menjelaskan konsep, kaidah, keunggulan dan tantangan instrumen metode observasi, serta penyusunannya;
  • menjelaskan tentang uji validitas dan reliabilitas instrumen evaluasi pembelajaran;

d) menjelaskan pengolahan dan analisis data evaluasi implementasi hasil;

  • menjelaskan pengolahan dan analisis data evaluasi secara kuantitatif;
  • menjelaskan pengolahan dan analisis data evaluasi secara kualitatif;

e) menjelaskan pengukuran dan penilaian evaluasi dampak pembelajaran;

  • menjelaskan penentuan pengukuran pada evaluasi dampak pembelajaran;
  • menjelaskan penilaian pada evaluasi dampak pembelajaran;

f) menjelaskan pelaporan evaluasi pascapembelajaran;

  • menjelaskan prinsip penyusunan laporan yang efektif;
  • menjelaskan format laporan evaluasi pascapembelajaran;
  • menjelaskan perumusan bagian-bagian dalam laporan evaluasi pascapembelajaran.

Administrasi

  1. Aparatur Sipil Negara di lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan diutamakan Bidang Evaluasi dan Pelaporan Kinerja/Bidang Penjenjangan Pangkat dan Peningkatan Kompetensi/Seksi Evaluasi dan Informasi/Widyaiswara;
  2. Pangkat/golongan minimal Pengatur (II/c)

 

Kompetensi

  1. Pendidikan Formal (minimal) D-III;
  2. Telah mengikuti Diklat Pengelolaan Diklat/Diklat Manajemen Diklat/Orientasi Manajemen Pembelajaran/Pelatihan Manajemen Pembelajaran/Pelatihan Penyegaran Manajemen Pembelajaran;
  3. Diutamakan bagi ASN yang melaksanakan tugas evaluasi pembelajaran

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi Penyelenggaraan Tertulis dan Evaluasi Tatap Muka serta Evaluasi Pengajar Tertulis/Online

 

EVALUASI LEVEL 2

Pre Test dan Post Test

 

Course Reviews

4.6

4.6
19 ratings
  • 5 stars12
  • 4 stars6
  • 3 stars1
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. 5

    Menantang nih kayak penelitian… Seru

  2. 5

    I got invaluable knowledge on Epaspem. Thank you facilitators and administrators.

  3. Weleh3

    4

    weleh3…butuh komitmen tinggi untuk mengikuti dan menyelesaikan e-learning

  4. respont

    5

    Pelatihan ini mampu menambah pemahaman dan pengetahuan peserta tentang evaluasi pascapembelajaran dengan baik

  5. 5

    Pembelajarannya cocok untuk anak muda, untuk video pembelajarannya bisa dibuat lebih menarik dan bahan modul supaya bisa dilakukan penyuntingan terkait font dsb.

  6. E-Learning Pengenalan Evaluasi Pasca Pembelajaran

    5

    Manfaat dilaksanakannya evaluasi proses dan hasil pembelajaran ada beberapa hal, diantaranya yang penting ádalah: (1) Memperoleh pemahaman pelaksanaan dan hasil pembelajaran yang telah berlangsung/dilaksanakan , (2) Membuat keputusan berkenaan dengan pelaksanaan dan hasil pembelajaran, dan (3) Meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dalam rangka upaya meningkatkan kualitas pembelajaran

  7. Evaspem

    4

    Perlu pendalaman lg dlm classical learning nya, spy pemahaman yg kurang pas bisa diluruskan

  8. Mantab

    5

    Bahan Ajarnya Kurang, Hanya Preview sepertinya

  9. bagoooos

    4

    materinya bagus, sayangnya bahan ajar masih ada yang text oriented. 🙁

  10. too much using english material

    3

    apa tidak terlalu banyak/ berlebihan yak menggunakan/ moncomot materi yang berbahasa inggris bahkan ada materi yg full bhs inggris.. tidak ada masalah klo pesertanya muda/ emang jago, tp untuk beberapa orang itu akan menyulitkan, orientasi pekerjaan kita khan bukan untuk berkomunikasi dengan bule. semua objek/ target epaspem adalah PNS WNI.. saya rasa perlu diperbanyak materi yg berbahasa Indonesia dan dikurangi materi berbahasa asing (kcuali untuk istilah mgkn masih bisa pake bahasa asing)

  11. Evaluasi dampak pembelajaran itu penting

    5

    Untuk beberapa materi, penjelasannya masih belum memadai. Selain itu akan lebih baik bila diberikan link untuk materi tambahan (memang bisa mencari sendiri, tetapi kalau ada link yang menurut pemateri lebih lengkap, tentu akan lebih baik).

  12. 4

    E-learning sangat baik kualitasnya, tetapi mungkin perbaikan pada video agar lebih mudah diakses

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget