Setup Menus in Admin Panel

2018 Pelatihan Kehumasan

Pelatihan ini didesain untuk meningkatkan kompetensi pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan terkait kehumasan, yang mencakup cara membangun citra positif, crisis communication plan, proses bisnis kehumasan, strategi komunikasi, publikasi, hubungan media hingga pada layanan informasi. Sasaran peserta pelatihan ini adalah pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan yang menangani/melaksanakan fungsi kehumasan di masing-masing unit.

33 STUDENTS ENROLLED

Tujuan Program:

Pelatihan ini didesain untuk meningkatkan kompetensi pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan terkait kehumasan, yang mencakup cara membangun citra positif, crisis communication plan, proses bisnis kehumasan, strategi komunikasi, publikasi, hubungan media hingga pada layanan informasi. Sasaran peserta pelatihan ini adalah pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan yang menangani/melaksanakan fungsi kehumasan di masing-masing unit.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

memenuhi Kebutuhan Kompetensi Jabatan sesuai Hasil AKP Jabatan.

Sasaran (Target Learners):

Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan yang ditunjuk/ditugaskan oleh masing-masing unit dan diutamakan pegawai yang menangani/melaksanakan fungsi kehumasan di unit yang bersangkutan.

a. menerapkan Dasar-Dasar Kehumasan;

  • menjelaskan konsep kehumasan;
  • menerangkan cara membangun citra positif;
  • menerangkan konsep dasar proses bisnis kehumasan secara umum;
  • menyusun crisis communication plan;

b. menerangkan Proses Bisnis Kehumasan di lingkungan Kementerian Keuangan;

  • menjabarkan tugas dan fungsi kehumasan di lingkungan Kementerian Keuangan;
  • menerangkan current issue terkait kehumasan di lingkungan Kementerian Keuangan;

c. mensimulasikan Strategi Komunikasi;

  • menjabarkan konsep dasar strategi komunikasi;
  • mensimulasikan penyusunan strategi komunikasi di Kementerian Keuangan;
  • mensimulasikan penerapan strategi komunikasi di Kementerian Keuangan;

d. melakukan Publikasi;

  • menjelaskan proses peliputan dan dokumentasi sebagai langkah awal publikasi;
  • menjelaskan publikasi melalui pengelolaan website;
  • menjelaskan publikasi melalui pengelolaan media sosial;
  • menjabarkan manajemen pengelolaan majalah;
  • menyusun infografis sebagai pendukung publikasi;

e. mensimulasikan Hubungan Media, Kelembagaan Masyarakat dan Protokoler;

  • menjabarkan konsep hubungan media, kelembagaan masyarakat dan protokoler;
  • mensimulasikan hubungan media, kelembagaan masyarakat dan protokoler di Kementerian Keuangan.
  • mensimulasikan perencanaan dan evaluasi penulisan content hubungan media, kelembagaan masyarakat dan protokoler di Kementerian Keuangan;

f. mensimulasikan Layanan Informasi;

  • memahami berbagai macam saluran layanan informasi;
  • mensimulasikan Pelaksanaan Layanan Informasi Publik (PPID);
  • mensimulasikan pelaksanaan layanan informasi non-PPID (call center, hubungi kami, email, datang langsung).

Administrasi

  1. Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan yang ditunjuk/ditugaskan oleh unit yang bersangkutan;
  2. Golongan Minimal II/c;
  3. Peserta diwajibkan membawa laptop;

Kompetensi

  1. Pendidikan minimal Diploma III;

Diutamakan pegawai yang menangani/melaksanakan fungsi kehumasan di unit yang bersangkutan;

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi Penyelenggaraan Tertulis dan Evaluasi Tatap Muka serta Evaluasi Pengajar Tertulis/Online

EVALUASI LEVEL 2

Penugasan studi mandiri dikumpulkan pada Hari Pertama Pelatihan Metode Tatap Muka. Jika tugas studi mandiri disampaikan melewati batas waktu yang telah ditentukan (terlambat), maka jumlah JP yang diperoleh peserta untuk mata pelajaran sesi studi mandiri tersebut TIDAK DIPERHITUNGKAN dan tidak mendapatkan nilai Aktivitas.

 

Pada Ujian Praktik, peserta akan mempresentasikan konsep program kehumasan yang telah dikembangkan selama program pelatihan.

Course Reviews

4.5

4.5
2 ratings
  • 5 stars1
  • 4 stars1
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Amazingggg

    5

    Temanya sangat detail dan mudah dipahami

  2. Sesuai kepentingan Kemenkeu

    4

    awalnya saya kira isi materi mengenai kehumasan secara umum, bagaimana handle isu dan lain sebagainya terkait menjaga hubungan baik dan nama baik dengan internal maupun eksternal. Tetapi ternyata materinya merupakan gambaran besar pengetahuan tentang tugas dan fungsi humas di Kemenkeu.
    Baik sekali sebagai pengantar sebelum tatap muka agar kita memiliki bayangan lingkup tugas kehumasan dalam Kemenkeu.

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget