Setup Menus in Admin Panel

LAKIP sebagai Wujud Akuntabilitas

Lakip merupakan perwujudan bentuk akuntabilitas dari tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada instansi pemerintah. Apa tujuan dari LAKIP, siapa yang berkewajiban membuatnya dan bagaimana format penyusunannya. Simak video penjelasan tentang LAKIP oleh WI BDK Yogyakarta Agung Widi Hatmoko, janngan lupa untuk memberikan komentar.

Rating: 5.0/5. From 182 votes.
Please wait...

Views : 10,894

99 responses on "LAKIP sebagai Wujud Akuntabilitas"

  1. Nur Rina Martyas Ningrum (Kelas E, 20) Setuju pak. Setiap instansi pemerintah baik pusat ataupun daerah harusnya menerbitkan laporan (dalam hal ini LAKIP) untuk mengetahui kinerjanya, baik yang telah ataupun yang seharusnya tercapai. LAKIP merupakan perwujudan akuntabilitas dalam pelaksanaan tugas dan fungsi instansi yaitu sebagai upaya perbaikan berkesinambungan untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik pada masa kerja berikutnya.

  2. Tujuan dari LAKIP sendiri yaitu untuk memberikan informasi terkait kinerja yang terukur kepada pemberi manfaat atas kinerja yang telah dicapai atau yang seharusnya tercapai . Dan sebagai upaya untuk perbaikan berkesinambungan bagi instansi pemerintah untuk meningkatkan kinerjanya. Kemudian Isntansi Pemerintah yang wajib menyusup LAKIP sendiri yaitu Instansi Pemerintah Pusat yang terbagi menjadi tiga Entitas Akuntabilitas Kinerja, antara lain : Satuan Kerja, Unit Organisasi dan Kementrian/Lembaga. Sedangkan penyusun LAKIP setingkat Instansi Pemerintah Daerah adalah Entitas Akuntabilitas Kinerja SKPD atau sering dikenal dengan Kantor Dinas. Secara umum format/isi dari LAKIP secara singkat yaitu terdapat 4 isi utama, antara lain Uraian singkat organisasi, Rencana dan target kinerja yang ditetapkan, Pengukuran kinerja, dan yang terakhir adalah Penutup yang berisi evaluasi dan analisis kinerja untuk setiap sasaran strategis atau hasil program/kegiatan dan kondisi terakhir yang seharusnya terwujud. Terima kasih pak Agung atas video yang menarik dan informatif tersebut, sehingga membuat saya sekilas paham dan mengerti dengan mudah apa sebenarnya LAKIP itu.

  3. Video pembelajaran yang bagus, isinya yang ringkas, jelas dan mudah dipahami membuat kita mengerti apa itu LAKIP, mulai dari tujuan hingga penyusunannya. Dan kita menjadi tau ternyata LAKIP bukan hanya laporan tertulis tetapi ini merupakan wujud akuntabilitas dari lembaga pemerintah atau birokrasi Indonesia dimana kita menjadi tau seberapa besar pencapaian-pencapaian yang telah dihasilkan oleh pemerintah.

  4. Reza Rizaldi S, Kelas E. No 22 Akuntabilitas melahirkan kewajiban. Kewajiban melahirkan pertanggungjawaban. Instansi manapun, baik pusat maupun daerah harusnya menyusun dan mempublikasi LAKIP sebagai wujud tanggung jawab dan akuntabilitasnya. Bagaimanapun hasil kinerja instansi tersebut, baik targetnya tercapai ataupun tidak, seharusnya tetap ada LAKIP yang diterbitkan dan dipublikasikan ke masyarakat luas. Hal ini akan membuat masyarakat merasa puas dengan transparansi instansi. Bagi instansi itu sendiri, LAKIP dan respons masyarakat terhadap LAKIP bisa juga menjadi cerminan diri instansi dan menuntun instansi menuju kinerja yang lebih baik di masa yang akan datang

  5. Video yang sangat menarik dan membuat orang mudah memahami LAKIP sebagai salah satu bentuk perwujudan akuntabilitas. LAKIP secara padat, ringkas, dan jelas dijabarkan di sini, sehingga kami penonton video mengerti apa itu LAKIP, tujuan, hingga penyusunannya. Juga saya semakin mengerti pentingnya akuntabilitas bagi seorang individu dan kelompok dalam menjalankan tugasnya. Video yg sangat bermanfaat pak. Terima kasih.

  6. LAKIP sangat diperlukan bagi keberlangsungan suatu instansi. LAKIP digunakan sebagai dasar acuan ukuran yang tepat dalam hal melakukan evaluasi instansi tersebut. LAKIP juga bisa mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan pihak-pihak yang terkait/berhubungan dengan instansi tersebut. Jika dua hal tersebut tidak bisa berjalan maka suatu instansi tidak akan berjalan dengan baik.

  7. Muhamad Hanung Aribowo, Kelas E. No 15. Penyusunan LAKIP bertujuan untuk memberikan informasi tentang laporan kinerjanya. berisi tentang target pencapaian, hasil, mencapai ataupun tidak dengan target pencapaian. LAKIP juga bisa dijadikan patokan untuk target pencapaian yg baru, meningkatkan/memperbaiki kinerja untuk tahun kedepannya sebagai wujud dari Akuntabilitas suatu instansi.

  8. Keren Pak, video nya simpel tapi membuat kita tahu apa itu LAKIP. Kita juga tahu kalau LAKIP itu dibuat dengan tujuan memberikan informasi yang terukur kepada pemberi manfaat atas kinerja yang telah dan seharusnya tercapai. Dari video ini kita juga jadi tahu jika LAKIP ternyata wajib disusun oleh Instansi Pemerintah Pusat dan Instansi Pemerintah Daerah.

  9. Video yang sangat informatif Pak,dalam video ini saya mulai memahami pentingnya instansi pemerintah dalam menerbitkan LAKIP yang merepresentasikan kinerja instansi tersebut baik yang tercapai atau belum dan yang seharusnya tercapai. LAKIP merupakan perwujudan Pertanggungjawaban atau Akuntabilitas suatu instansi untuk evaluasi,menjadikan instansi tersebut menjadi lebih baik.

  10. Sangat bermanfaat, penjelasan LAKIP ini membuat saya lebih mengerti betapa pentingnya LAKIP sebagai tolak ukur dalam pelaksanaan kinerja suatu lembaga/kementerian terkait yang sudah tercapai dan yang seharusnya tercapai, satu lagi yang paling penting, bahwa LAKIP berguna sebagai dasar untuk perbaikan yang berkesinambungan untuk meningkatkan kinerha instansi itu sendiri.. Semoga LAKIP yang dibuat oleh setiap lembaga/kementerian/instansi dapat digunakan secara semestinya dan bukan hanya sebagai formalitas saja.. Terima kasih pak Agung, sangat berguna dan mendidik..

  11. Terima Kasih,pak. Video pembelajaran ini mempermudah saya mengerti tujuan dan format penyusunan LAKIP. Dengan LAKIP , masyarakat mengetahui kinerja dan pencapaian suatu instansi pemerintahan dari tahun ke tahun berikutnya dan mengetahui letak permasalahannya, sehingga kepercayaan masyarakat meningkat terhadap instansi. Bagi instansi, LAKIP sebagai bentuk akuntabilitas terhadap masyarakat dan sebagai upaya perbaikan kinerja pada tahun berikutnya.

  12. Video yang menarik dan dapat dipahmi dengan mudah. LAKIP merupakan kewajiban dari setiap lembaga negara yang memakai uang rakyat sebagai bentuk dari akuntabilitas institusi negara, hal tersebut akan membuat negara semakin dipercaya dalam hal transparansi data dalam hal penggunaan uang rakyat sehingga dapat menaikan tingkat akuntabilitas lembaga negara. Video ini juga membuka mata saya bahwa LAKIP itu penting untuk menjaga transparansi data.

  13. Terima kasih atas penjelasan LAKIP nya pak. Videonya menarik untuk pembelajaran materi akuntabilitas khususnya tentang lakip. Dengan video ini kita tahu bahwa setiap instansi pemerintah harus membuat lakip sebagai pertanggung jawaban kinerjanya. Setiap unsur dari instansi harus mendukung ketercapaian sasaran instansi.Apabila semua unsur bisa melaksanakan kinerja sesuai dengan yang diharapkan,akan terjadi instansi yang efektif dan efisien sehingga kesimpulan lakipnya menjadi baik.

  14. Videonya sangat bagus Pak untuk kami lebih bisa memahami apa itu LAKIP, tujuan pembuatan LAKIP, siapa saja yang wajib menyusunnya serta format dan isi LAKIP itu sndri. Hal yang bsa saya tangkap dri video di atas adalah LAKIP ini merupakan suatu bentuk akuntabilitas dari instansi yang menyusunnya, yang nntinya akan menjadi tolak ukur mereka dalam melakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan kinerja instansi tersebut.

  15. LAKIP itu sendiri sebagai sebuah bentuk pertanggungjawaban. Kinerja dan kemampuan suatu instansi dapat dinilai dari LAKIPnya. LAKIP –> Kredibilitas instansi. LAKIP –> dapat menambah kepercayaan masyarakat. Terima kasih, Pak. Video pembelajaran ini sangat membantu.

  16. Sangat setuju pak, karena dari lakip kita bisa tau apa yang sudah dikerjakan, bagaimana hasilnya, sesuai dengan tujuan utama atau tidak serta sebagai salah satu sarana pengawasan oleh masyarakat melalui lakip ini. Selain itu juga bisa sebagai acuan untuk meningkatkan kinerja untuk kedepannya dan melakukan perbaikan perbaikan. Dan kenapa laporan perranggungjawaban juga harus dimulai dari unit yang kecil sekalipun, agar permasalahan bisa diselesaikan dari hal yg kecil agar tidak menjadi besar nantinya.

  17. Videonya lumayan menarik, singkat, padat, dan jelas. Dg model belajar melalui video seperti ini, siswa dapat belajar dimanapun dengan hanya melalui gadget, tidak harus didalam kelas. Dari video diatas, secara garis besar saya mengambil kesimpulan bahwa – aspek akuntabilitas yang ketiga mengharuskan adanya laporan – LAKIP merupakan bentuk laporan – LAKIP merupakan bentuk pelaporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsi yang diamanahkan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran Tujuan LAKIP : 1. Memberikan informasi yang terukur kepada pemberi manfaat atas kinerja yang telah atau seharusnya dicapai 2. Sebagai upaya perbaikan berkesinambungan bagi instansi pemerintah untuk meningkatkan kinerjanya Penyusun LAKIP : 1. Instansi Pemerintah Pusat 2. Instansi Pemerintah Daerah Format/isi LAKIP : – Uraian singkat organisasi – Rencana dan target kinerja yang ditetapkan – Pengukuran kinerja – Evaluasi dan analisis kinerja setiap sasaran strategis atau hasil program dan kondisi terakhir yang harusnya tercapai

  18. 3E18 mulyatiningsih saya sangat setuju terkait pembuatan LAKIP sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi atas pelaksanaan tugas, fungsi serta kinerja suatu satker, organisasi, kementerian, lembaga,maupun pemda . Pembuatan LAKIP perlu memperhatikan format serta isi yg relevan sehingga dapat di manfaatkan sebagai bahan evaluasi dan rencana di masa mendatang bagi pihak yang bersangkutan maupun rujukan bagipihak yang berkepentingan.

  19. Video yang sangat menarik dan bermanfaat Pak. Seperti yang kita ketahui akuntabilitas memang merupakan suatu hal yang sangat penting karena menyangkut pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan tugas atas penggunaan anggaran. Kemudian salah satu aspek dari akuntabilitas yaitu harus adanya laporan, disini kita dijelaskan mengenai LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) sebagai salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban tersebut. Seperti yang dijelaskan, LAKIP bertujuan untuk memberikan informasi kinerja yang terukur kepada pemberi manfaat atas kinerja yang telah dan seharusnya dicapai, serta sebagai upaya perbaikan berkesinambungan bagi instansi pemerintah untuk meningkatkan kinerjanya.

  20. Sangat setuju pak, jadi LAKIP itu harus dibuat oleh setiap instansi yang melakukan perjanjian kerja sehingga pelaksanaan kinerja dalam satu tahun dapat dipertanggung jawabkan hasilnya. Sedangkan LAKIP itu sendiri harus memuat info kinerja yang seharusnya dicapai dan juga kineja yang sudah terealisasikan ataupun belum sepenuhnya direalisasikan. Maka dari itu dibuatlah LAKIP sebagai bahan evaluasi dalam melakukan perbaikan kinerja demi tercapainya target yang telah ditetapkan.

  21. Filipus Dewantoro (Kelas E, 09) Video pembelajaran ini sangat menarik dan informatif. Pentingnya LAKIP instansi pemerintah untuk dibuat sebagai pertanggungjawaban kinerja pemerintah kepada masyarakat. LAKIP sendiri juga sebagai bentuk akuntabilitas suatu instansi pemerintah. Susunan LAKIP sendiri juga harus memuat Visi, dan misi instansi tersebut, lalu isu apa saja yang harus dicari apa solusinya, lalu menyusun IKU, lalu berusaha mencapai IKU, selanjutnya melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kinerja yang sudah dituliskan di dalam IKU. Pembuatan LAKIN pun juga harus bisa dipahami oleh masyarakat agar masyarajat tidak bertanya-tanya apa saja yangbtrlah dilakukan oleh pemerintah selama ini

  22. Video ini sangat informatif dan edukatif. LAKIP dalam suatu instansi atau organisasi sangatlah penting. LAKIP dalam penerapannya bertujuan untuk memberikan penjabaran laporan kinerja atas pelaksanaan kinerjanya serta sasaran apa saja yang telah tercapai, seharusnya tercapai dan belum tercapai. Sebagai wujud pertanggungjawaban dalam mencapai misi dan tujuan instansi pemerintah dan dalam rangka perwujudan good governance. LAKIP merupakan salah satu perwujudan akuntabilitas dalam sektor pemerintahan. Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah mendorong Instansi fokus pada Pencapaian Sasaran. Diharapkan dapat meningkatkan mutu pelaksanaan dan akuntabilitas kinerja instansi.

  23. Sesuai dengan aspek akuntabilitas yang ke-3 yaitu akuntabilitas membutuhkan laporan, LAKIP sangat dibutuhkan oleh setiap instansi pemerintah sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kebijakan-kebijakan yang telah dilaksanakan dan sebagai bentuk transparansi pemerintah atas kinerjanya dan juga sebagai pertimbangan untuk rencana-rencana selanjutnya.

  24. Setuju dengan materi yang Pak Agung sampaikan di video. Salah satu aspek akuntabilitas adalah perlunya laporan sebagai perwujudan akuntabilitas itu sendiri. LAKIP adalah salah satu bukti penerapan akuntabilitas dalam penyelenggaraan instansi pemerintah. LAKIP memuat proses perencanaan, pengambilan keputusan, pengawasan, evaluasi, serta tindak lanjut dari kebijakan yang diambil oleh instansi, sehingga transparansi dari pelaksanaan kebijakan merupakan bukti nyata terpenuhinya aspek2 akuntabilitas.

  25. Video yang sangat bermanfaat dan mengedukasi saya, dari video ini saya dapat memahami apa itu LAKIP, siapa saja yang menyusun LAKIP, dan tujuan dibuatnya LAKIP. Kesimpulan yang saya dapat dari video ini LAKIP merupakan bentuk pertanggungjawaban suatu organisasi atas apa yang telah dikerjakan. LAKIP ini dapat dijadikan evaluasi untuk menentukan arah kebijakan selanjutnya, sehingga diharapkan tujuan yang telah ditentukan akan tercapai dengan cara yang benar.

  26. Terimakasih Pak berkat video ini saya jadi bisa tahu apa itu LAKIP, tujuan dari LAKIP, siapa saja yang berkewajiban membuat LAKIP dan bagaimana penyusunannya. LAKIP merupakan sebuah laporan yang menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah dari tugas yang diberikan oleh negara kepada instansi tersebut.

  27. Penyusunan LAKIP pada seriap kementerian/lembaga bertujuan untuk memberikan informasi tentang laporan kinerjanya selama satu tahun buku. LAKIP berisi tentang target pencapaian, hasil, mencapai ataupun tidak dengan target pencapaian. LAKIP juga bisa dijadikan sebagai patokan untuk target pencapaian ditahun yang akan datang, meningkatkan/memperbaiki kinerja untuk tahun selanjutnya dan juga sebagai wujud dari Akuntabilitas suatu kementerian dan lembaga

  28. Terimakasih atas video yang sangat komunikatif dan memberikan edukasi pak. Dengan melihat tayangan Bapak, kami dapat memahami penerapan akuntabilitas salah satunya dengan wujud pembuatan LAKIP. Dimana LAKIP ini nantinya mampu menjelaskan setiap hal mulai dari perencanaan hingga evaluasi kinerja dalam setiap institusi.

  29. Terimakasih pak atas ilmu yang telah bapak berikan kepada kami

  30. Terimakasih atas videonya pak, video tentang LAKIP ini sangat bermanfaat bagi kami para siswa dan juga mudah dipahami. edukasi melalui video bagi siswa sekarang lebih menarik daripasa media lainnya. siswa menjadi memahami apa itu LAKIP, tujuan, serta pembuat LAKIP. melalui video ini juga, siswa paham bahwa LAKIP merupakan bentuk laporan evaluasi atas apa saja yang telah dikerjakan dan melalui LAKIP, instansi dapat menentukan strategi untuk lebih maju

  31. Irpan Setiadi#4A#15 LAKIP menjadi sarana bagi pemerintahan untuk melaporkan kinerjanya kepada masyarakat. Hal ini sangat penting mengingat semakin sadarnya masyarakat akan jalannya pemerintahan saat ini. LAKIP bisa digunakan oldh masyarakat untuk monitoring pemerintahan yg berjalan agar selalu menjadi lebih baik

  32. Sheilla Adila#4A#27 Video pembelajaran yg sangat bermanfaat bagi siswa latsar. Siswa diberikan alternatif pembelajaran dengan media lain yg tidak kalah menarik dg pembelajaran tatap muka langsung. Dan juga mengingat pentingnya materi tentang LAKIP yang merupakan salah satu alat akuntabilitas di Indonesia. Semoga materi-materi seperti ini dapat diperbanyak untuk pelajaran yang lain. Sukses selalu BDK Yogyakarta.

  33. Ayu Nur Aprianti#4A#4 Terima kasih untuk vidio nya Bapak, Vidio yang sangat memberikan wawasan lebih luas dan memberikan edukasi. Dengan vidio ini saya mengetahui apa itu LAKIP, tujuan dari LAKIP. Dengan vidio ini kita tahu bahwa setiap lembaga pemerintahan harus membuat LAKIP sebagai pertanggung jawaban kinerja nya. Dengan adanya LAKIP ini bisa dijadikan acuan untuk menentukan arah kebijakan selanjutnya. Sehingga tujuan yang telah di tentukan akan tercapai sesuai apa yang di rencanakan.

  34. FAJAR ISTIQOMAH #4A#10 LAKIP adalah Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan. LAKIP merupakan wujud dari AKUNTABILITAS dari pemerintah. Siapa yang punya wewenang buat buat? Nah yang belum tau simak videonya ya.. Terimakasih pak, penjelasan nya sangat bermanfaat.

  35. Ni Putu Dyah Windhasari#4A#22 Terimakasih Video tentang LAKIPnya pak, sekarang saya jadi tahu siapa yang membuat LAKIP dan kepada siapa harus dipertanggungjawabkan, karena LAKIP salah satu laporan akuntabilitas pemerintahan saat ini, khususnya di Kementerian Keuangan. Sehingga dengan adanya LAKIP tersebut, masyarakat luas mengetahuin rencana dan realisasi suatu instassi pemerintahan. Dan masyarakat dapat mengawal rencana pemerintah secara transparant. dan LAKIP merupakan bentuk pertanggungjawaban pemerintah terhadapat masyarkat.

  36. Vika Febrianti#4A#30 Videonya membuat kami lebih paham mengenai LAKIP. Terimakasih Pak Selain sebagai bentuk akuntabilitas pemerintah kepada masyarakat, LAKIP juga dapat dijadikan sebagi bahan instansi untuk melihat/mengevaluasi hal-hal apa saja yang belum tercapai oleh instansinya.

  37. Devia Sri M. # 4A # 07 ; Videonya sangat bermanfaat, Pak! Sebelumnya saya tidak mengetahui bahwa pemerintah membuat suatu laporan atas penggunaan anggaran yang dapat diakses sebegitu mudahnya di internet. Pembelajaran online seperti ini pun ternyata begitu asyik dan fleksibel untuk dilakukan. Namun ada beberapa hal yang disayangkan, bahwa LAKIP DJKN tidak tersedia di internet dan juga LAKIP direktorat-direktorat kemenkeu lainnya belum terupdate lagi (LAKIP yang paling baru ialah tahun 2016). Terima kasih atas informasinya, Pak. Ditunggu karya-karya terbaru lainnya dari Bapak Agung.

  38. Yuyun EVi Mastuti#4A#31 Assalamu’alaikum bapak.. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas video nya, sangat membantu saya untuk lebih memahami tentang LAKIP. LAKIP merupakan sarana bagi setiap instansi untuk membuat laporan pertanggung jawaban atas kinerja pada instansinya. Maka dengan LAKIP setiap instansi dapat mengevaluasi kinerjanya. LAKIP juga termasuk ke dalam salah satu aspek akuntabilitas yaitu aspek membuat laporan. Semoga bapak selalu menginspirasi masyarakat.

  39. Andriani Barus#4A#03 Video yang sangat bermanfaat. Terimakasih pak atas edukasi nya mengenai LAKIP, sehingga saya semakin lebih mengerti tentang pentingnya akuntabilitas dalam mencapai visi misi khususnya dalam Kementrian Keuangan. Sekali lagi terimakasih.

  40. Kurnia Ramadhani Setiawati#4A#16 Terimakasih bapak atas videonya. LAKIP merupakan satu wujud dari akuntabilitas. Dimana pemerintah merencanakan anggaran untuk satu tahunnya, setelah anggaran berjalan satu tahun pemerintah akan membuat LAKIP sebagai hasil dari rancangan anggaran. Dan LAKIP bisa di akses oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga masyarakat bisa mengetahui dana yang telah dipungut digunakan untuk keperluan apa saja.

  41. Erik Noor Afrizal#4A#9 Video yang sangat menarik, sangat bermanfaat untuk kita semua. Mungkin masih banyak yang tidak mengerti apa itu LAKIP, setelah melihat video ini setidaknya mengerti bahwa ada beberapa instansi pemerintah yang diwajibkan membuat laporan ini. Akan lebih baik jika semua instansi membuat LAKIP agar semua masyarakat dapat mengerti apa saja yang dikerjakan pemerintah.

  42. Al Faruqi Hasnul#4A#01 Video yang sangat bermanfaat dan mudah utk dimengerti pak. Saya menjadi sedikit lebih paham ttg apa itu LAKIP. LAKIP ini berupa laporan yang dibuat oleh instansi pemerintah atas penggunaan anggaran. LAKIP ini sebagai bentuk AKUNTABILITAS pada instansi pemerintah serta upaya untuk meningkatkan kinerja dimasa yang akan datang.

  43. Kurnia ramadona anisti # kelas A # 17 terimakasih bapak krn telah memberi opsi belajar dgn vid yg bagus dan mengedukasi ini, jd siswa dpt mengulang lg pembelajaran yg diterima dgn melihat vid ini yg bisa di akses dimana saja dan kapan saja. Semoga vid seperti ini bisa di promosikan ke masyarakat umum melalui sosial media dsb agar msyrkt jg bisa teredukasi bkn hanya siswa latsar atau pun pegawai kemenkeu yg bisa mengakses website ini

  44. Mohammad Andi Triansyah#4A#20 Videonya sangat informatif & edukatif. Video ini membantu saya memahami tentang LAKIP secara singkat & jelas. Terima kasih, Pak ?

  45. Gema Ibnu Tri Hidayat#4A#13. Terimakasih dan apresiasi sekali atas videonya Pak. Sangat informatif sehingga saya dapat memahami apa dan bagaimana itu LAKIP. Terimakasih

  46. Septi Robiatul Adawiyah #4A#26 Terimakasih banyak pak atas video edukatifnya mengenai Lakip sebagai wujud Akuntabilitas. Sehingga saya bisa mendapatkan informasi mengenai apa tujuan dari LAKIP, siapa yang berkewajiban membuatnya, bagaimana format penyusunannya dan yang lainnya.

  47. Dwita Nevitriani#4A#08 Video edukasi nya jelas dan mudah di pahami. Setelah lihat video ini saya jadi paham mengenai LAKIP. Salah satu tujuan LAKIP yaitu untuk memberikan informasi kinerja instansi pemerintah yang telah di capai Terimaksih Pak ?

  48. Luthfi Hidayati#4A#18 Terima kasih pak telah memberikan video yang bagus dan insyaa Allah bermanfaat ini. Dengan melihat video ini saya menjadi lebih paham mengenai LAKIP terutama sebagai wujud Akuntabilitas. Penjelasan yang disampaikan juga sangat singkat dan jelas.

  49. Andika Prayoga #4A#02 Terimakasih atas videonya yang di kemas dengan singkat, jelas, padat dan menarik sehingga untuk kami yang masih awam tentang apa itu LAKIP dapat dengan lebih mudah memahaminya. Kami tunggu video edukatif yang selanjutnya ya pak.

  50. Feni Mega Fitria#4A#11 Terimakasih Pak, atas video edukasi tentang LAKIP. Salah satu tujuan LAKIP yaitu sebagai upaya perbaikan berkesinambungan bagi Instansi Pemerintah untuk meningkatkan kinerjanya. Upaya berkesinambungan tersebut adalah ACTION > PLAN > CHECK > DO. ACTION artinya LAKIP sebagai bahan untuk perbaikan kelembagaan, akuntabilitas dan pelayanan publik. PLAN artinya LAKIP sebagai bahan dalam menyusun renstra pada periode yang akan datang. CHECK artinya LAKIP dapat digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan atau kegagalan dalam pencapaian tujuan dan sasaran instansi. DO artinya LAKIP sebagai alat dalam melaksanakan, memantau dan mengukur kinerja kegiatan suatu instansi. Karena tujuan LAKIP yang saling berkesinambungan itulah, maka baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah wajib untuk membuat LAKIP agar dapat mengevaluasi kinerjanya dalam satu periode.

  51. Hastri Lailatul Qadri#4A #14 Terima kasih telah membuat video mengenai akuntabilitas, video sangat membantu.. Salah satu contoh laporan akuntabilitas ialah lakip yaitu laporan kinerja dan mempunyai 2 tujuan yg salah satunya memberikan informasi kinerja yg terukur kepada pemberi manfaat atas kinerja yang telah dan harus dicapai, saya baru mengetahui kalau penyusun lakip itu ialah instansi pemerintah pusat seperti kementerian keuangan. Dan saya baru mengetahui juga format atau isi lakip yang lengkap melalui video ini. Terima kasih pak

  52. Maria Agustin#4A#20 Trimakasih atas video yang memberi pengetahuan dan wawasan bagi kami, khususnya saya yang pada awalnya blm memahami tentang LAKIP dan betapa pentingnya LAKIP itu sendiri, salah satunya sebagai bahan evaluasi dari suatu instansi pemerintah, khususnya Kementerian Keuangan.

  53. Chaerunnisa Maulida Sani#4A#5 Terima kasih pak, video ini sangat mudah dipahami dan dimengerti. Dari video ini saya dapat memahami bahwa LAKIP merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban sebuah organisasi atas apa yg telah dikerjakannya.

  54. Padmarani Ovie Sukirman#4A#24 Video pembelajaran yang menarik. LAKIP dijabarkan secara padat, ringkas dan jelas. Isi video yang mudah dipahami ini membuat kita mengerti apa yang disebut LAKIP mulai dari tujuannya hingga penyusunannya. LAKIP merupakan laporan atas tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada instansi pemerintah. Dengan adanya laporan ini, instansi pemerintah diharapkan mampu melakukan perbaikan secara berkesinambungan. Terimakasih atas video yang bermanfaat ini.

  55. Daniel Sahala Hutabarat#4A#06 Video yang sangat bermanfaat Pak. saya akhirnya memahami bahwa setiap instansi Pemerintah Pusat serta Pemerintah Daerah berkewajiban menyusun LAKIP untuk mempertanggung jawabkan kinerja yang selama ini telah dicapai serta yang belum tercapai sehingga mendorong adanya evaluasi terhadap apa-apa saja yang belum tercapai untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap Masyarakat.

  56. Nura Faizah#4A#23 Video yang sangat menarik dan informatif terkait dengan LAKIP, informasi yang dapat di ambil dari video tersebut yaitu: 1. LAKIP merupakan perwujudan dari aspek akuntabilitas yang ketiga, dan sebagai bahan evaluasi dalam melakukan perbaikan kinerja 2. Tujuan dibuatnya LAKIP, Cara menyusun atau format pembuatan LAKIP, dan Penyusun LAKIP.

  57. Rahardian Nurbin#4A#25 Terimakasih Pak atas videonya, sangat jelas & mudah dipahami. Dengan menonton video ini saya menjadi semakin mengerti apa itu LAKIP & tujuan dibuatnya. Menurut apa yg saya tangkap dari video tersebut LAKIP sangat bermanfaat bagi berjalannya pemerintahan negara. Dengan adanya LAKIP pegawai pemerintahan & masyarakat jadi mengetahui bagaimana kinerja selama waktu berjalan. Yang terpenting lagi LAKIP jg dapat menjadi kontrol & tolak ukur evaluasi kinerja pemerintahan.

  58. FRANS MANGARAHUT SITUMORANG #4A#12 Terimakasih atas videonya yang di kemas dengan singkat, jelas, padat dan menarik sehingga untuk kami yang masih awam tentang apa itu LAKIP dapat dengan lebih mudah memahaminya. Kami tunggu video edukatif yang selanjutnya ya pak.

  59. Victor Tristiardo#A#Terimakasih atas videonya, sangat jelas dan mudah dipahami. Hal yg dapat saya ambil setelah menonton video tentang LAKIP ini, saya menjadi mengerti tujuan dibuatnya LAKIP, dan cara membuatnya. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib menyusun LAKIP untuk evaluasi kinerja pemerintahan

  60. Muhammad Prasetya Pahlawan#4A#21 Video nya sangat bermanfaat dan mudah dipahami. Dengan menonton video ini saya menjadi paham apa itu LAKIP dan fungsi serta tujuan dibuatnya LAKIP.

  61. Shifa Nabila M H#4A#28 Saya jadi mengerti tujuan dibuatnya LAKIP, akuntabilitas sangat penting untuk diri sendiri, lingkungan maupun instansi.

  62. Video ini membuat saya lebih memahami mengenai LAKIP. Sangat bermanfaat. Terima kasih pak

  63. Video singkat yang menjelaskan pemahaman tentang LAKIP secara singkat dan mudah dipahami. Terima Kasih, Pak.

  64. Terimakasih atas pemaparannya pak. Saya menjadi lebih paham tentang LAKIP mulai dari tujuan, penyusun, dan isi LAKIP tersebut. :)))

  65. Terima kasih atas penjelasan singkatnya, Pak. Video ini menjadikan kami mengerti dan tahu apa itu LAKIP..

  66. Terima kasih Bapak Agung atas penjelasan yang diberikan. Sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.

  67. Terima kasih Bapak Agung atas pemaparan materinya, sangat bermanfaat

  68. Disampaikan dengan sangat ringkas dan jelas. Terimakasih^^

  69. Terimakasih Pak atas penjelasannya, sangat bermanfaat .

  70. Terimakasih Pak atas informasi yang diberikan, lebih rinci namun mudah dipahami.

  71. Terimakasih Pak, sangat membantu^^

  72. Terima kasih pak Agung atas video yang menarik dan informatif tersebut

  73. terima kasih banyak pak atas materinya

  74. Sangat bermanfaat, video tentang LAKIP dengan penyampaian secara singkat tetapi mudah dipahami, terima kasih Pak Agung atas penjelasannya.

  75. terimakasih banyak pak, sangat bermanfaat

  76. Sangat bermanfaat, penyampaiannya materi LAKIP nya singkat namun sangat mudah dipahami

  77. Pemaparan yang sangat komprehensif! Terima kasih banyak Pak

  78. Terima kasih pak, materinya sangat bermanfaat.

  79. Terima kasih pak , materinya dijelaskan secara ringks dan mudah dipahami.

  80. terimakasih pak sangat bermanfaat

Leave a Message

Skip to toolbar